Friday, August 31, 2012

Gratis Burning ISO Image Dengan ImgBurn

Tulisan ini editan dari esai tahun 2008 dari blog lama saya.

Anda ingin membuat CD Linux bootable? Apakah Anda sudah punya CD-RW drive? Jika sudah, apakah Anda memiliki aplikasinya? Aplikasi untuk memburn ISO image tidak sembarangan. Aplikasi burn biasa tidak bisa dipakai untuk mem-burn ISO. Yang populer untuk burning adalah Nero yang tidak gratis. Bagaimana solusinya? Gunakan freeware bernama ImgBurn untuk melakukannya. Gunanya adalah khusus untuk membakar ISO image. Aplikasi ini juga memiliki banyak pilihan yang menjadikannya lengkap. Kunjungilah situs resminya http://imgburn.com.



Apa yang Anda butuhkan? Tentu file ISO-nya. Nah kini siapkan dahulu ISO image Anda. Anda bisa meng-copy-nya dahulu ke sebuah folder untuk memudahkan burning. Kalau sudah, bukalah ImgBurn. Pada tampilan awalnya, silakan tentukan path ke file ISO tersebut. Misalnya C:\Program Files\mandriva_2008.iso. Anda bisa menentukan kecepatan bakar dengan mengatur di bagian bawah Settings. Anda bisa pilih kecepatan bakar dari 1x sampai 56x tergantung dukungan drive Anda. Oke, kalau sudah mari tentukan labelnya. Klik Tools > ISO > Change Volume Label. Nah, pilih ISO yang sama dengan yang tadi lalu beri nama. Sebenarnya pemberian nama ini tidak terlalu penting, tetapi untuk terlihat lebih profesional saja. Oke, klik Write di bawah dan proses burning akan berjalan. Sebenarnya masih ada banyak sekali fitur asyik ImgBurn, tetapi kali ini cukup sampai di sini dulu. Silakan mencoba.




Catatan: tulisan ini bagian dari proyek restava reborn.

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.