Wednesday, September 5, 2012

Mencoba Hiren's Boot CD

Bismillahirrahmanirrahim. Saya per 2 September 2012 ini mencoba Hiren's boot CD yang telah saya unduh ISO-nya. Karena keterbatasan, saya hanya memakai Unetbootin di Ubuntu untuk membakar ISO-nya ke dalam USB Flash Disk saya. Saya sempat ragu. Ternyata bisa bootable! Dan alhamdulillah, saya ambil manfaat yang besar sekali dari CD ini. Banyak sekali fitur recovery yang diberikan gratis. Saya akan membeberkan yang telah saya peroleh.


Apa itu Hiren's Boot CD?
Sebentar, sebelum jauh, saya sampaikan dulu. Hiren's Boot CD adalah kumpulan aplikasi di dalam CD yang bootable. Kita tidak menyebutnya sistem operasi, karena di dalamnya ada 2 sistem operasi beserta beberapa (ratus?) aplikasi. Banyak sekali dan campur-campur. Maka itu saya akan menyebutnya kumpulan aplikasi saja. Kumpulan aplikasi ini ditujukan paling utama untuk recovery suatu sistem. Misalnya untuk memulihkan Windows yang rusak, mengambil password Windows yang terlupa, menyelamatkan data di OS yang rusak, menyelamatkan hard disk yang rusak, melihat kondisi keseluruhan sistem, mengurus jaringan, membetulkan MBR, membuat partisi hard disk, mengedit dokumen dan gambar, me-recover data yang terhapus, dan lain-lain.

Unetbootin
Saya memakai Unetbootin di Linux untuk membuat bootable flash disk berisi Hiren's Boot CD. Selama ini saya hanya memakainya untuk membuat Live USB Linux. Karena saya tidak memiliki selainnya, saya mengkiaskan ISO Hiren dengan Linux saja. Ya sudah, saya coba. Akhirnya saya restart lalu mengatur BIOS agar booting dari flash disk. Eh, bisa jalan sebagaimana menggunakan CD! Berhasil dibuat bootable flash disk-nya Hiren gitu, lho! Artinya Unetbootin itu sangat universal yakni bisa dipakai untuk ISO Linux maupun selainnya. Ini sebuah pelajaran baru bagi saya. Insya Allah demikianlah belajar secara otodidak.


Mini XP
Sejujurnya Mini XP inilah alasan saya mengunduh Hiren's Boot CD. Saya hanya ingin mencobanya. Ini setelah saya coba sama dengan yang saya bayangkan sebelumnya. Ini adalah Live CD untuk Windows XP! Wow! Ada Windows XP gratis? Saya jelas mau. Akhirnya saya eksplorasi isinya dalam keadaan mengantuk. Seketika saya jadi tidak mengantuk lagi.

TRIK: Sebenarnya tidak secara langsung saya bisa menggunakannya. Sebelumnya saya sudah mencapai tahap ragu Windows Mini XP bisa jalan di komputer saya. Karena pertama kali saya menjalankannya, benar sampai ke splash screen Windows XP yang kita kenal itu, tetapi akhirnya muncul BSOD yang juga kita kenal. Maka saya kira mustahil. Alhamdulillah seorang kawan saya mas thrvers yang menggunakan Linux memberi saya petunjuk:

salin isi /HBCD/isolinux.cfg ke /syslinux.cfg

lalu saya bisa menjalankan Windows Mini XP! Sebuah kesenangan yang besar sekali sekaligus sebuah kerinduan teman lama. Rasanya kangen sekali. Oya, cara menyalinnya disalin semuanya, lalu di file tujuan, taruh kursor di paling bawah sendiri, enter 2 kali, lalu paste. Jangan lupa disimpan. Cara ini hanya berlaku untuk Hiren's Boot CD yang di-booting dari flash disk bukan dari CD.


Apa isi Mini XP ini?


Saya menganggap nama Mini sebagai pertanda pembatasan untuk Windows XP ini. Saya mengira ini akan sangat berbeda dengan XP yang pernah saya coba. Yah misalnya barangkali menunya tidak bisa dibuka pakai tombol Win, tidak bisa diinstal aplikasi, Windows Explorernya beda, mungkin regedit-nya tidak ada, dan macam-macam. Akhirnya saya mencoba dan saya senang sekali. Isinya (secara global) sama persis dengan Windows XP kita biasanya.

Ada Windows Explorer



Bisa Win+E

Bisa Win


Ada Regedit

Ada klik kanan


Ada Properties


Bisa searching



Bisa tampilan sortir favorit saya


Ada Command Prompt


Bisa ganti resolusi ke 1024x768




Bisa instal aplikasi Windows

Aplikasi (gratisan) yang telah saya coba dan berjalan normal di Mini XP adalah:
  • Killer Machine


  • Auslogic Disk Defrag


  • Kamus 2


  • K-Meleon


  • Cisco Packet Tracer


  • LZASM (assembly compiler)

Kejutan Fitur!



Inilah kotak kecil yang berisi banyak sekali aplikasi berguna. Namanya Launcher. Anda akan tahu sendiri nanti.

Banyak sekali fitur yang tersedia. Saya hanya akan menuliskan yang telah saya peroleh.

Mendukung teknisi dalam memperbaiki komputer, disertakanlah antivirus. Banyak sekali. Ada Avira, Clamwin, GMER Antirootkit, dan macam-macam.


Kumpulan aplikasi Partisi/MBR. Mengurusi segala hal yang berhubungan dengan partisi dan Master Boot Record. Ada yang tipe formatter, pembuat MBR, recovery (DiskGenius), pembuat partisi seperti halnya Partition Magic yang mahal itu, pembuat USB bootable, dan macam-macam.


Mengejutkan. Ternyata ada aplikasi-aplikasi ini. Ada penampil Product Key Windows, pengambil sandi login Windows, recovery untuk password jaringan, penampil password wifi, penampil password untuk browser, dan lain-lain. Berbaik sangka saja untuk memakainya dalam perbaikan Windows Anda yang rusak atau terlupa password-nya.



Ini bagian paling inti dari Hiren's Boot CD yaitu recovery. Tujuan utama disertakannya tools ini adalah menyelamatkan data yang terhapus/hilang. Ada GetDataBack, DiskDigger, TestDisk, Recuva, PartitionRecovery, dan banyak sekali lainnya. Malah banyak yang belum saya sertakan dalam tulisan DaftarAplikasi untuk Mengembalikan Data yang Terhapus.



Bagian other-nya saja sangar. Ada pembantu instal untuk XP/Vista/Seven, OSK, Hiren's Customizer, paksa shutdown, dan banyak lagi.



Aplikasi semisal CPU-Z bahkan GPU-Z disertakan untuk menyokong para teknisi dalam mereparasi PC.


Ada juga aplikasi seperti RegScanner untuk men-search seisi registri. Bahkan bisa men-scan registri di komputer lain.


Ada aplikasi split/merge file juga.





Yang remeh-temeh?
Tentu ada aplikasi-aplikasi lain yang remeh temeh dan sering dilupakan. Namun saya usahakan mereka tampil di sini. Di antaranya:

  • IrfanView untuk menampilkan gambar.
  • 7Zip untuk menangani kompresi.
  • Snapshot  untuk mengambil skrinsot.

Saya menggunakan IrfanView untuk mem-paste screenshot yang saya ambil dari tombol di keyboard. Aplikasi screenshot yang nongkrong di sebelah menu Start, saya pakai untuk mengambil skrinsot secara praktis. Tapi dia menyimpan di dalam Mini XP sehingga saya harus menyalinnya ke flash disk. 7Zip berguna mendekompres semua file saya yang di-ZIP sehingga bisa saya instal di Mini XP. 

Semoga ini bermanfaat. 

6 comments:

  1. Wah terimakasih bang akan saya coba praktekan langsung..

    ReplyDelete
  2. wah, artikelnya bermanfaat, bisa jadi sumber inspirasi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga senantiasa ada manfaatnya untuk akang :D

      Delete
  3. saya sudah masuk windows xp..tapi knapa mouse tidak muncul dan keyboard tidak aktif...mhon solusinya.terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bukan Pengguna Windows: Mencoba Hiren'S Boot Cd >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Bukan Pengguna Windows: Mencoba Hiren'S Boot Cd >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Bukan Pengguna Windows: Mencoba Hiren'S Boot Cd >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK kf

    ReplyDelete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.