Friday, August 31, 2012

Membersihkan PC Dari Sampah Data dan Mengoptimalkan Hard Disk



Ini editan dari esai saya tahun 2008 dari blog lama saya.

Sponsor saya: 



Bismillahirrahmanirrahim. Setelah lama dipakai, komputer akan penuh dengan sampah. Bila Anda sering memakainya untuk membuat dokumen di software perkantoran, shortcut dan file temporernya tidak dibuang ketika Anda selesai membuat dokumen. File multimedia pun demikian. Tidak menutup kemungkinan untuk jenis file lain, terutama cookies dan file temporer dari browser internet Anda. Sampah tersebut tetap ada dan menumpuk di hard disk Anda bila tidak dibersihkan. Bayangkan, jika selama beberapa tahun Anda tidak membersihkannya sama sekali, berapa sampah datanya? Bisa sampai GB! Dan sampah data ini akan memperlambat komputer. Mirip sampah di dunia nyata. Mari kita bersihkan komputer dari sampah data yang mengganggu!

Defrag?
Untuk Anda yang sering menyimpan data di hard disk, dan sering mengutak-atiknya bisa dipastikan dalam beberapa bulan hard disk Anda perlu di-defrag. Apa defrag itu? Sederhananya, ibaratkan hard disk itu lemari buku. Jika Anda lama menggunakan lemari buku tersebut untuk menyimpan buku, maka dalam jangka waktu tertentu posisi buku-buku dalam lemari tersebut akan menjadi tidak teratur (acak-acakan). Anda akan kesulitan dalam mencari suatu buku jika diperlukan. Paling tidak akan dibutuhkan waktu lama untuk mencari suatu buku karena posisinya berubah. Sama seperti analogi itu, hard disk juga akan kehilangan performanya jika “buku” di dalamnya tidak rapi karena terlalu sering “dibaca”. Nah, proses merapikan “buku” tersebut dinamakan defrag, karena ketidakrapian dalam hard disk adalah “fragmentation”. Insya Allah mudah.

Membersihkan Sampah Data
Apa yang Anda butuhkan? Sebuah software bernama CCleaner. Aplikasi buatan Piriform
ini dulunya bernama Crap Cleaner. Fungsinya untuk membersihkan sampah data, data yang sudah tidak diperlukan, entri registry yang mubazir, dan menguninstal suatu software dari komputer.

Lisensinya free, tampilan menarik, mudah digunakan, dan bagusnya dia sangat ampuh menangani berbagai macam sampah data. Satu software lagi, namanya Wise Disk Cleaner. Sama seperti CCleaner. Dia juga berfungsi sebagai tukang sapu komputer. Dengannya, file sementara yang tidak dibersihkan oleh CCleaner dapat ditangani. Lisensinya juga free, mudah digunakan, dan juga sangat ampuh membersihkan hard disk. Satu lagi, tampilannya juga tidak kalah modern dengan CCleaner. Kunjungi situs resmi CCleaner di sini dan Wise Disk Cleaner di sini.


CCleaner bisa membersihkan segala jenis sampah data yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh komputer. Tidak hanya itu, pembersihan registry pun bisa dilakukannya. Aplikasi ini begitu mujarab untuk mengobati penyakit komputer Anda, karena hanya sampah yang sudah benar-benar tidak berguna saja yang dihapus. Mari kita coba menggunakannya. Bukalah Ccleaner, lalu tekan tombol Analyze. Tunggu sebentar, indikator proses akan bergerak. Jika indikatornya penuh selama lebih dari satu kali, maka bisa dipastikan sampah data Anda sudah sangat berlimpah. Kemudian tekan tombol Run Cleaner untuk menjalankan proses pembersihan. Klik OK pada konfirmasi yang muncul, dan alat sapu jagad ini akan membersihkannya. Sekarang cobalah komputer, entah untuk melakukan kegiatan apa pun, apakah terasa lebih cepat?


Untuk membersihkan Registry, klik pada tab Registry di bagian kanan. Lalu klik pada
tombol Scan for Issues. Dan setelah menunggu klik pada tombol Fix Selected Issues, pada
konfirmasi yang muncul pilihlah bagian backup untuk membuat cadangan entri registry kalaukalau ada kesalahan. Jika Anda memutuskan abai backup, langsung klik Fix Selected Issues dan registry akan terlihat kinclong. CCleaner membersihkan registry dari entri yang sudah ditinggalkan suatu software. Misalnya software yang sudah Anda uninstall, atau entri sampah yang sengaja dibuat software nakal. Nah dengan begini komplet sudah pembersihan. Untuk menambah kekomplitan, Anda bisa melakukan uninstall software yang sudah tidak Anda pakai.

Temukan toolnya pada tab Tools di sebelah kanan, persis dibawah Registry. Dengan CCleaner memang banyak file tak berguna yang dibersihkan. Namun masih saja ada file nakal yang tidak dibersihkan olehnya. Nah, kita gunakan Wise Disk Cleaner untuk keperluan ini. Fungsinya hanya membersihkan saja, namun masih sangat mumpuni karena harganya gratis. Oke, kini bukalah aplikasinya. Anda akan disambut oleh sebuah Wizard. Pilih manual, dan lanjutkan. Kini pilih drive mana yang mau dibersihkan. Biarkan saja default supaya menyeluruh. Pada pilihan selanjutnya, biarkan juga tercentang semua. Oke, next. Biarkan juga bagian ini default untuk menghindari kesalahan. Pada bagian selanjutnya biarkan kosong lalu Finish. Oke, klik Scan. Biarkan sebentar dan lihat berapa banyak sampahnya. Ukuran file sampah yang di-scan akan diperlihatkan pada bagian bawahnya. Bisa beratus MB. Kalau beruntung bisa sampai GB. Sekarang tekan tombol delete. Pilih saja permanently. Nah, kini hard disk Anda akan mulai terasa lega bukan? Alhamdulillah.


Mengoptimalkan hard disk dengan Defragment Tools

Ada tiga yang saya anjurkan untuk ini. Namanya IObit SmartDefrag ,Piriform
Defraggler dan Auslogic Disk Defrag. Ketiga tools ini cukup populer kok. Mereka gratis, bahkan IObit memberikan lisensi gila yang membolehkan Anda menjualnya kembali selama tidak mengubah isinya. Defraggler memiliki hubungan darah dengan CCleaner karena lahir dari produsen yang sama. Dapatkan Iobit SmartDefrag di sini, dan Defraggler di sini. Oh ya, Auslogic DD bisa diunduh di sini. Oke, mari kita mulai.

Iobit


Instal dan jalankan ISD. Pada tampilan awalnya Anda disuguhkan sebuah ukuran
optimalisasi hard disk Anda. Jika tidak cukup baik, akan ada saran untuk mendefragnya. Biasanya hard disk yang kurang optimal akan ditandai warna merah. Klik pada manual defrag, lalu pilih volume mana yang ingin di-defrag. Jika Anda menancapkan UFD, bisa juga di-defrag. Jika Anda memilih suatu drive, tombol Setting akan terlihat. Klik untuk mengatur setelan. Anda bisa memilih Express untuk defrag dengan cepat. Anda bisa memilih Comprehensive untuk cara yang paling optimal. Oke, silakan mulai dengan pilih tombol Analyze. Drive Anda akan di-scan dulu untuk melihat masalah apa yang ada di dalamnya. Setelah itu, klik Defrag untuk memulai. Proses akan berjalan. Memang lama, tapi dengan ISD Anda akan mendefrag dengan lebih cepat daripada dengan tool bawaan Windows.

Piriform


Oke, sekarang saudaranya CCleaner. Instal, kemudian jalankan Defraggler, lalu pilih drive dan jalankan Analyze. Cakupan kerja luas karena Anda akan diberitahu blok-blok yang terfragmen dalam disk Anda. Anda juga disuguhkan semua file yang terfragmen dalam drive Anda. Anda bisa memilih salah satu file terfragmen dan mendefragnya. Memang satu-satu terlihat kurang efisien, tetapi untuk file yang berukuran kecil ini lebih baik dilakukan. Kalau yang terfragmen banyak, lebih baik pilih semuanya saja dan defrag.

Auslogic


Tidak hanya defrag disk, Anda juga bisa melakukan defrag suatu folder tertentu, defrag file tertentu, check drive for errors, defrag ruang kosong di dalam drive, dan beberapa fitur lain. Hal inilah yang membuat saya tidak hanya menyarankan ISD saja. Cuma sayangnya Defraggler tidak memberikan fungsi defrag otomatis dan jadwal defrag yang diberikan ISD. Anda bisa memakai keduanya karena fungsinya yang saling melengkapi.

Untuk defragment supercepat, saya sarankan pakailah Auslogic Disk Defrag. Dia mendefrag tanpa ba-bi-bu sama sekali. Tidak ada proses Analyze. Prosesnya juga sangat cepat, jauh lebih cepat dari kedua perkakas di atas. Kelebihan lainnya dia akan memberikan laporan defrag berupa file HTML yang sangat informatif, dan tersusun rapi. Unik jika dibandingkan kedua pesaingnya. Pilihan di tangan Anda.

Epilog

Nah, senang bersih-bersih? Biasanya bersih-bersih itu membosankan. Kini jadi sangat menarik. Senang meminimalisir sampah dengan CCleaner. Dan defrag hard disk jadi menyenangkan. Mendefrag UFD pun jadi lebih cepat karena perkakas defrag bawaan Windows tidak bisa diandalkan. Bagusnya, Anda tidak perlu mengeluarkan sepeser pun uang untuk membersihkan hard disk. Cukup sedikit pengetahuan dan kesabaran. Yah, meskipun ada sedikit ketidakstabilan pada Piriform Defraggler dan Wise Disk Cleaner, namun tak apalah. Update saja secara teratur, beres. Baiklah, silakan bersih-bersih yaaa!!!




Catatan: tulisan ini bagian dari proyek restava reborn.

2 comments:

  1. Wah, kalau CCleaner saya sudah punya, Gan. Tapi yang lainnya belum. Apakah Iobit, Epilog, dan Piriform ini sama dengan Wise Registry Cleaner, Gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, Kang. Registry Cleaner tidak berhubungan dengan defragmentasi. Arti Epilog itu adalah penutup sebuah karya tulis, Kang. Dia bukan software.

      Delete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.