Saturday, September 1, 2012

Tutorial Membuat ISO Image Windows XP dengan nLite

Tulisan ini editan dari esai tahun 2009 dari blog lama saya

Lama, lama sekali saya ingin membuat tutorial ini. Kali ini saya akan memaparkan cara membuat ISO image Windows XP Professional dengan software nLite. Freeware buatan Dino Nuhagic ini dapat diperoleh dari websitenya. Versi yang dipakai pada tutorial ini adalah 1.3. Saya sudah mencoba beberapa software, di antaranya BartPE, xp-ISO-builder, PEBuilder, folder2ISO, ImgBurn, dan beberapa software lain sampai akhirnya saya menemukan nLite. Software kecil ini bagus dan memiliki keunggulan sendiri daripada yang lain. 

Nasihat saya: aplikasi ini biasanya disalahgunakan untuk pembajakan dan hal tidak baik lainnya. Saya menyarankan pembaca untuk menerapkan tutorial ini hanya pada Windows original. Alhamdulillah di sisi saya saat ini ada DVD Windows Seven Starter original. Gunakanlah hanya untuk diri sendiri atau kebijakan lain yang tidak melanggar perjanjian lisensi. Karena itu insya Allah lebih selamat bagi kita[1] 


Keunggulan Nlite

1) Dukungan terhadap banyak OS Windows, seperti:
  • Windows XP (Pofessional, MCE,N, x64 Professional, dan Home)
  • Windows 2000 (Professional, Server, Advanced Server)
  • Windows 2003 (Standard, Web, Enterprise, R2, dan x64)
2) Dukungan banyak bahasa, seperti Spanyol, Jerman, Italia, Jepang, Arab, dan yang penting Bahasa Indonesia.

3) Dokumentasi jelas dan lengkap. Memang tidak ada Help, namun tiap option konfigurasi diberi help masing-masing.

4) Aplikasi burning terintegrasi, jadi Anda bisa memburn ISO anda langsung setelah jadi.

5) Pilihan kustomisasi yang luas dan bebas, serta banyak lagi!


Langkah-langkah Membuat ISO
Sebelumnya siapkan dulu semua yang diperlukan untuk membuat ISO. Kali ini kita akan membuat ISO dari Windows XP Professional, karena itu siapkan CD Windows (yang original). Kalau perlu silakan copy dahulu seluruh isi CD ke hard disk untuk proses yang lebih cepat. Sudah? Nah, sekarang mari instal nLite dan ikuti tahapannya:

Jalankan nLite dan pilih konfigurasi bahasa Indonesia.



Kemudian tentukan path menuju semua isi CD Windows. Kalau sudah di-copy, masukkan path ke direktori tempat Anda paste semuanya.


Pemilihan Tugas: Di sini Anda akan diberi 4 kategori opsi pembuatan ISO. Semua opsi berjumlah 8. Berikut penjelasan untuk tiap opsi:



  1. Paket Layanan/Service Pack: pilihan untuk menambahkan service pack ke dalam OS “buatan” Anda ini. 
  2. Hotfixes dan paket pemutakhiran: update dan hotfix Windows. Bagian kecil dari service pack. Biasanya nama file diawali dengan “KB”.
  3. Driver: integrasi driver hardware yang anda mau. Misalnya ingin membuat XP yang mendukung souncard Soundblaster, maka masukkan drivernya ke ini.
  4. Hapus Komponen: menghapus komponen pada OS yang akan dibuat ISO-nya. Sangat berguna bagi OEM atau mereka yang ingin mengistal Windows tanpa komponen tertentu misalnya game. Installer jadi kecil, dan CD Anda tidak terlalu penuh.
  5. Unattended: memberikan setting awal pada OS ini. Seperti memasukkan Serial, menambah username, pengaturan regional, juga mengintegrasikan tema dekstop. Dengan mengaktifkan Unattended, Anda tidak perlu mengatur lagi semua pengaturan dasar yang telah ditentukan ketika OS ini nanti diinstal. Jadi jika Anda sudah memasang CD-key di awal, nanti tidak akan ditanya lagi mengenai CD-key oleh Windows. Enak kan? Sekali lagi, jujurlah pada diri Anda sendiri.
  6. Opsi: mirip seperti Unattended. Namun lebih teknis seperti konfigurasi patch, opsi MUI, dsb.
  7. Tweaks: aneka tweaks registri dan pengaturan startup services.
  8. Bootable ISO: membuat ISO yang bisa dipakai booting.

Kali ini saya akan mencontohkan opsi “Hapus komponen” dan Unattended” saja. Sisanya silakan Anda coba sendiri.

Hapus Komponen

Mari lihat, komponen apa sih yang beneran diperlukan Windows? Sebenarnya untuk bisa berjalan normal, Windows hanya memerlukan “sedikit” komponen. Banyak sekali komponen yang sebenarnya tidak diperlukan, meskipun pandangan ini relatif untuk semua orang. Namun sebaiknya kita coba saja, karena buktinya komponen seperti games, tipe keyboard, driver yang hardware-nya tidak perlu jika Anda tidak punya camcorder, buat apa drivernya?, serta beberapa komponen lain hanya berguna sebagai pelengkap. Pada popup awal, tersedia pilihan mana yang akan Anda pilih untuk menghindari salah buang karena popup tersebut menampilkan hanya komponen penting. Kalau perlu tutup saja popup itu. Nah, kini cawangi komponen mana saja yang tidak dibutuhkan.




Unattended

Ada beberapa tab dalam step ini. Agak membingungkan, namun saya akan menjelaskannya satu per satu.

Tab Umum: anda bisa menentukan masalah Unattended ini serta OEM. Kemudian jika anda bosan dengan nama “Program Files” maka anda bisa menggantinya. Di sini saya menamainya “Xaverius”. Seperti yang saya tulis tadi, anda bisa menentukan di awal CD-keynya. Maaf, saya sengaja mem-pixelize nya karena masalah lisensi. Anda juga boleh mematikan firewall atau sekalian system restore yang membingungkan itu.

Tab Jalankan 1x: memberi perintah khusus ketika user login.



Tab Pengguna: Anda boleh menambahkan user baru berapa pun jumlahnya. Sayang kustomisasinya tidak bisa menghapus dua account default. Di sini saya membuat sebuah username baru bernama “Xa” dan passwordnya “jet”. Anda juga bisa memberikan kebebasan dengan opsi “kata sandi kosong”. Hal ini akan memberikan login otomatis (yang nyaman), namun hanya berlaku bagi Anda yang pemberani.



Tab IDJaringan: konfigurasi untuk OS yang komputernya terhubung ke LAN. Juga men-set nama komputer. Seperti biasa, masukkan workgroup sesuai nama workgroup LAN.




Tab Regional: seperti biasa juga. Set ke tempat Anda berada sekarang. Boleh juga dicoba yang lain, semua terserah.


Tab Setting jaringan: di sini Anda bisa men-set dahulu jaringan untuk OS ini nanti. Seperti IP, gateway, MAC, dsb.


Tab tema desktop: integrasikan tema Anda sendiri atau masukkan tema lainnya. Misalnya Anda ingin tema default OS ini nanti MacOSX, masukkan saja dengan menentukan path. Biasanya tema Windows disimpan di C:\WINDOWS\Resources\Themes. Jangan lupa, extension *.msstyles. Jadikan tema default dengan opsi di kanan.


Tab otomatis memutakhirkan/automatic update: mengaktifkan AU untuk Windows. Lengkap dengan opsi jadwal dan jamnya. 




Tampilan: mengatur default appearances-nya desktop. Seperti Resolusi, frekuensi, kedalaman warna, dll.



Komponen: menginstal IIS.


Proses Penyatuan akan berlangsung sebentar.


Bootable ISO

Pembuatan ISO dimulai. Silakan pilih opsi Buat citra untuk memulai. Anda bisa memilih opsi lain. Jika ingin langsung bakar tanpa ba-bi-bu maka pilih saja “Bakar langsung”. Hasilnya tetap CD bootable yang bisa dipakai menginstal. Namun jika Anda memang butuh ISO (untuk keperluan virtualisasi dan semacamnya) maka pilih saja Buat Citra. Anda bisa ganti label untuk ISO-nya nanti. Saya pilih OS. Lalu Klik “Buat iso”, tentukan path tujuan, dan tunggu sampai ISO selesai dibuat.



Akhir
Bagaimana? Mudah bukan? Dengan nLite Anda bisa membuat ISO dengan tempo sesingkat - singkatnya. Sangat mudah digunakan, dan terdokumentasi dengan baik. Menandakan software ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh oleh developernya. Kini Anda telah mampu membuat ISO image sendiri. Entah atas nama backup, belajar, buat recovery, atau virtualisasi. Kini kiranya jika Anda punya waktu luang, bisa kok membuat Windows Custom Edition milik Anda sendiri. Asal jangan disalahgunakan, ya? Ada pertanyaan? Keluhan? Silakan comment. Insya Allah akan saya balas. Sekian, semoga bermanfaat.


Catatan: tulisan ini bagian dari proyek restava reborn.

_______________
[1] http://galaksiislam.wordpress.com/2010/01/28/hukum-membajak-program-komputer-dan-semisalnya/

11 comments:

  1. makasih kemarin udah berkunjung di blog saya dan sudah mau berkomentar...
    intinya buat blog yang postingannya banyak pengujungnya yang pasti artikel dalam posisi di google sangat bagus. nah jadi buatlah artikel yang benar2 fress dengan kata kunci yang di sukai oleh google.
    buatlah blog kita menjadi seo.

    buat blog seo gampang kok cari di google banyak dan. maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali telah kemari dan berkomentar, Kang.

      Trik mas saya terima.

      Delete
    2. Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK ZJ

      Delete
  2. Salaf juga kang ade? Alhamdulillah saya pun sedang mempelajarinya. Oia, saya sedang memproduksi kaos blogger indonesia warna kaos hitam bahan cotton combed 20s tanpa jahitan samping. Insya Allah minggu depan sudah jadi dan siap dipajang di blog saya. Kalo berminat hubungi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, tak saya sangka dalam satu bulan pertama akan datang seorang salafi ke blog ini. Saya doakan kaos akang laris manis. Amin.

      Semoga akang istiqamah.

      Delete
  3. Terima kasih ya gan......................................................

    ReplyDelete
  4. Coba nLite-nya pake Preset dan Addons CiremaiXP (http://ciremaixp.com). Dijamin lebih ISO lebih kecil, Windows jalan kuenceng dan aman. Gratis lagi. :)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum ww. saya sudah coba buat ISO ciremaiXP, tapi belum sukses gan, mungkin ada langkah2 yang terlupakan. Kalo di izinkan saya minta ciremaiXP ISO yang udah jadi dari agan boleh? terimaksi sebelumnya.wassalam

    ReplyDelete
  6. Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Bukan Pengguna Windows: Tutorial Membuat Iso Image Windows Xp Dengan Nlite >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ax

    ReplyDelete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.