Friday, August 10, 2012

Autoruns: Pengelola StartUp yang Lengkap

Bismillahirrahmanirrahim.

Barangkali belum banyak yang tahu, bagaimana sih mengatasi virus tanpa antivirus? Banyak sekali cara yang salah satunya memakai Autoruns ini. Aplikasi ini memang bernama Autoruns tetapi jangan kita samakan dengan berkas autorun.inf milik Windows. Aplikasi ini kecil ukurannya tetapi bisa menampilkan aplikasi-aplikasi apa yang berjalan ketika start. Bahkan saking lengkapnya yang ia tampilkan, sering ia saya gunakan untuk mendeteksi virus-virus Windows yang jalan ketika start. Bagusnya, dengan sekali membuang centang, si aplikasi tidak lagi berjalan ketika start. Dan apa yang terjadi kalau digunakan pada virus? Ia tidak akan berjalan ketika start dan kita bisa menghabisinya ketika login.



Saya tak akan menuliskan lengkap fiturnya, suatu hal yang rumit saya kira. Namun sedikit yang bisa saya tuliskan sebagai wejangan bagi siapa saja yang mau menaruh aplikasi ini di PC atau flash disk-nya:

1. Jalankan aplikasi ini dari ZIP-nya setiap akan mematikan satu item startup. Jangan jalankan dari .exe-nya karena exe itu rentan disusupi virus.
2. Bukalah pertama kali tab StartUp-nya dan perhatikan aplikasi apa saja yang dicawang. Kalau ada aplikasi yang aneh atau tidak biasa, buang saja cawangnya.
3. Baru setelahnya buka tab-tab yang lain. Misalnya tab Services, untung-untungan saja, buang cawang pada servis yang Anda kenali namanya (misal antivirus Avg) yang sudah Anda tidak perlukan. Ini berguna untuk membuang servis-servis yang memberatkan demi mempercepat kinerja komputer.

Sekian saja yang bisa saya tulis. Silakan diunduh.

Unduh Autoruns
ZIP 500 KB: unduh di sini

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.