Monday, August 13, 2012

Kenali PC Anda Sendiri dengan PC Wizard 2008




Bismillahirrahmanirrahim. Ada baiknya mengenal PC Anda (ya kalau built-up, seperti Acer). Berapa watt PSU-nya, merek+tipe casing, prosesor, suhu casing, suhu prosesor, kapasitas RAM plus Harddisk, sistem operasinya, dan lain-lain. Manfaatnya adalah memudahkan mengatasi masalah apabila timbul. Minimal kita bisa mendiagnosis sendiri rusaknya di mana. Maka dari itu kenalilah komputer Anda dan berikan perawatan agar tidak cepat rusak. Dan itu semua bisa diketahui tanpa membuka casing melainkan hanya pakai software PC Wizard 2008[1][2].

Sebenarnya PC Wizard ini software lawas. Sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Silakan diambil dari websitenya CPUID. Nah lho, terkenal kan CPUID? ;) Saya juga sejak dulu (entah kapan) memakainya. Sebenarnya ada saingan untuk PC Wizard seperti SiSoft Sandra, Fresh Diagnose, Motherboard Monitor, dan lain sebagainya. Saya ingin menginformasikan saja karena fiturnya yang cukup lengkap untuk utility (apa yah kategorinya?) system diagnose & benchmark. Apalagi dia gratis. Nah apa saja fungsinya? Saya akan menyebutkan beberapa fungsi dasarnya:

Diagnosis Ringkas Seluruh Sistem Hardware (Hardware)

Biasanya Anda akan pergi ke Device Manager dan System Information untuk memperoleh biodata sistem Anda seperti nama prosesor dan lain-lainnya. Namun dengan PC Wizard Anda akan memperoleh info lebih lengkap dan semua info terkumpul dalam satu program sehingga memudahkan pencarian. Pada tab Hardware Anda disuguhkan summary sistem Anda. Pada bagian awal Anda hanya melihat sekilas. Namun dengan menjelajahi satu per satu ikon, Anda akan melihat info yang akurat tentang hardware Anda. Seperti merek VGA dan versi driver yang Anda pakai.

Menariknya, di bagian hardware ini juga ada fitur pengecek baterai (khusus untuk laptop saja) dan yang paling menarik adalah fitur monitor suhu sistem real-time. Pada PC saya yang kebetulan sensor panasnya cuma di prosesor dan hard disk, maka yang ditampilkan hanya dua. Pada sistem yang lebih baru, akan terlihat info yang lebih akurat lagi. Jika Anda mengetahui dengan pasti suhu sistem Anda, maka Anda bisa lebih berhati-hati dalam merawat PC. Informasi yang diberikan untuk tiap device pun cukup legkap. Misalnya berapa kapasitas RAM Anda, jenisnya, cas latencynya, mendukung frekuensi berapa saja, berapa MHz clock-nya, dan lain-lain. Dengannya kita dibantu mempertimbangkan untuk meng-upgrade hardware. Silakan Anda coba sendiri untuk memastikan.



Diagnosis Ringkas Seluruh Konfigurasi sistem (Configuration)

Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai konfigurasi sistem (meskipun ada beberapa yang tidak bersifat begitu). Ada konfigurasi mengenai OS yang Anda pakai. Versi, pemegang lisensi, user, bahkan serial number-nya pun bisa dilihat di sini. Nah lho, kurang apalagi coba?

Di bagian tab ini juga kita peroleh task manager segala, info pustaka DLL, aplikasi Microsoft yang terinstal, fonta yang terinstal, info program startup, asosiasi filetype, informasi DirectX, password yang tersimpan di komputer Anda, info sekuriti standar windows, services, dan yang paling unik adalah uptime stat. Sebenarnya enggak seberapa sih, tapi dengannya Anda bisa mengetahui waktu bersejarah komputer Anda seperti tanggal pertama kalinya Windows diinstal, berapa kali Anda booting, catatan booting pertama kali, booting terakhir, shutdown pertama dan terakhir kali, jumlah bluescreen yang pernah dialami, bluescreen terakhir, dan restore points. Wah pokoknya lengkap deh!

First installation : 22/11/2008
Total Boot : 64
First Boot : 28/12/2019 12:29:31
Last Boot : 09/01/2009 19:42:16
First Shutdown : 28/12/2019 12:33:29
Last Shutdown : 09/01/2009 16:01:38
Total Bluescreens : 9
Last Bluescreen : 09/01/2009 19:43:24
Restore Points : 58

Diagnosis Lengkap Seluruh File Sistem yang penting (System Files)

File kritikal seperti boot.ini yang biasanya hanya bisa diketahui keadaannya dari MSConfig, kini bisa Anda lihat di sini. Event log yang merupakan catatan harian PC Windows seperti peringatan-peringatan error yang pernah muncul bisa Anda temukan di sini. Bahkan nilai dari CMOS motherboard Anda bisa dilihat di sini, seperti ukuran kapasitas CMOS dan lain-lain. Beberapa file penting yang bisa dilihat dari sini adalah:
  • config.nt
  • boot.ini
  • autoexec.nt
  • detlog.txt
  • bootlog.txt
  • system.ini
  • win.ini
  • dosstart.bat
  • CMOS Values
  • config.dos
  • autoexec.dos
  • Environtment variables
  • Event log (application)
  • Event log (system)
  • Event log (security)

Diagnosis Singkat Mengenai Resource Khusus (Resource)

Anda bisa memperoleh informasi IRQ (Interrupt Request) di sini. Juga DMA (Direct emory Acces), info I/O Ports yang tersedia pada motherboard Anda, juga Memory Resource. Duh susah, saya enggak bisa jelasin karena masih awam banget soal beginian. Maaf ya? :D Coba saja, pokoknya asik banget, deh!


Benchmark Sistem (Benchmark)

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Bagi Anda yang suka benchmarking, atau suka membaca hasil benchmark di majalah, kini Anda bisa mencobanya sendiri. Benchmarking di PC Wizard cukup lengkap dan menyeluruh. Berikut saya tuliskan beberapa resource yang bisa diuji oleh PC Wizard:

  • Global performance, untuk tes performa sistem secara keseluruhan.
  • Processor benchmark, untuk tes kekuatan prosesor Anda.
  • RAM Benchmark, untuk menguji performa RAM Anda. Sangat berguna jika ingin tahu kecepatan RAM ketika dibaca dan ditulis. Juga latency-nya sekalian.
  • Mandelbrot Benchmark, untuk mengetes performa prosesor Anda dengan algoritma mandelbrot.
  • L1 dan L2 cache Benchmark, untuk mengetes performa L1 & L2 cache prosesor Anda. Yang diukur adalah bandwith-nya. Latency termasuk di dalamnya.
  • Memory global benchmark, beda dengan RAM benchmark, ini akan mengetes performa Ram secara keseluruhan. Termasuk virtual memory Anda.
  • Video/ Direct 3D Benchmark, mengetes performa Direct 3D Anda.
  • Harddisk Benchmark, terdapat fitur bagus ini. Akan ada opsi sendiri untuk tiap-tiap partisi.
  • Removable disk benchmark, untuk mengetes performa removable media Anda. Bisa juga untuk benchmark UFD.
  • Optical Drive benchmark, untuk mengetes drive optik Anda.
  • MP3 compression, fitur ini untuk mengetes kemampuan encoding prosesor. Anda akan diminta masukkan CD Audio ke dalam drive optik.
  • Terakir Video Benchmark. Untuk mengetes kemampuan graphic accelerator Anda. Hasilnya disajikan dalam grafik, dan satuannya fps.
Opini Singkat Saya

Mungkin bagi saya saat ini, fitur yang paling berguna dari PC Wizard adalah termometernya. PC Wizard akan menunjukkan suhu prosesor, motherboard, harddisk, dan beberapa periferal lain (kalau ada sensornya). Bagi saya tentu ini sangat berguna karena PC saya nggak ada kipas prosesornya. Jadi harus dijaga jangan sampai kepanasan :D Jangan ditiru ya? Ini ide gila.

Terakhirnya lagi, kini kita bisa melakukan benchmark sendiri. Tak perlu menunggu aplikasi hebat seperti Sysmark, kini kita bisa melakukannya sendiri. Juga jangan minder sama kru majalah komputer seperti PC Media atau CHIP, kini Anda pun bisa melakukannya sendiri. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya!


    <<::Regards, Restava::>>

_____________________
[1] Artikel ini saya tulis ketika masih kelas 3 SMP. Saat itu saya masih menggunakan Windows. Sayang kalau dibuang, jadi saya sunting ulang dan saya letakkan d blog ini saja.
[2] Saat ini PC WIZARD sudah mencapai versi 2012.

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.