Sunday, August 19, 2012

Kiat Membasmi Virus Tanpa Antivirus 3

Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan Kiat Membasmi Virus Tanpa Antivirus 2 sebelumnya.

Kemudian untuk mengenal virus secara global, maka kenalilah cara kerjanya. Kita akan melihat mayoritasnya. Cara kerja virus untuk mengerjai Anda sebetulnya sederhana sekali:

  1. Masuk ke komputer Anda.
  2. Menjalankan dirinya (sama dengan klik 2 kali).
  3. Masuk ke memori sebagai proses.
  4. Melakukan kerjaan mengerjai Anda.

Perhatikan ini. Inilah cara kerja paling mendasar dari mayoritas virus yang menjangkiti komputer kita. Semua ini sama persis dengan cara kerja aplikasi apa pun yang Anda biasa jalankan. Termasuk Solitaire! Di bab ini kita mesti paham dulu kalau virus itu sejatinya software juga dan kita minimal ngerti di mana samanya. Akan datang penjabaran mengenai keempatnya. Minimal tahu cara kerja dasarnya dulu. Sekarang saya jelaskan kemampuan paling mendasarnya.

Setelah tahu cara kerja dasar?

Dua saja yang mesti kita ketahui. Merasuki dan menggandakan diri.

Merasuki: Mayoritas virus memiliki kemampuan merasuki suatu file atau aplikasi. Maksudnya, ia akan menjadi satu dengan file-file Anda sehingga jika Anda membuka file itu, otomatis virus akan terbuka pula. Dari sini dia berhasil mengerjakan tahap 1 di atas. Inilah tradisinya dan kalau mau membasmi, Anda harus tahu cara menghalau kemampuannya ini. Apa caranya? Akan datang insya Allah pembahasannya. Istilah merasuki ini disebut juga injeksi atau infeksi.

Menggandakan diri: Mayoritas virus juga memiliki kemampuan menyalin/meng-copy dirinya sendiri ke tempat lain. Dia bisa menyalin dirinya ke drive C, D, flash disk Anda, memori hape, memori kamera, bahkan bingkai digital! Dari kemampuan inilah virus disebut virus karena miripnya dengan yang di dunia nyata.

Dua kemampuan dasar inilah sebab tiba-tiba adanya virus di flash disk Anda dan adanya peringatan antivirus bahwa file dokumen Anda = virus. Dari sini kita mulai bisa mengira-ngira: kalau saya masukkan flash disk saya yang berisi antivirus (mau diinstal), sementara ada virus di komputer, apa tidak terasuki oleh virus exe-nya? Maka dari itu masukkanlah antivirusnya ke dalam ZIP (pakai 7zip atau Winzip dan semacamnya) dahulu lalu buka dari dalam ZIP itu. Ini sudah masuk tip singkat. Akan saya ringkaskan tip-tip semacam ini di akhir tulisan insya Allah. Adapun mengenai antivirus, akan datang pembahasannya insya Allah sehingga kita bisa mencontek cara kerjanya untuk membasmi virus mandiri.

bersambung...

4 comments:

  1. seorang blogger yang baik adalah dengan tidak meninggalkan spam ditempat yang barusan disinggahinya,..aku berharap anda menjadi blogger yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas. Anda mengatakan hal yang benar. Sebagai muslim, saya mau menerimanya.

      Terima kasih atas nasihat mas.

      Delete
  2. Pernah ni beberapa kali PC aku kena virus dan kemampuannya untuk menggandakan diri sangat cepat, dalam waktu beberapa menit bisa menyebar kebanyak file..
    Numpang nanya, antivirus yang bagus saat ini kira2 apa aja mas bro yang wajib diinstall di PC ?
    thanks

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, terima kasih dulu telah berkunjung kemari, Mas.

    Jawaban bervariasi sesuai kondisi mas. Saya tidak berhak mewajibkan, tetapi seandainya saya memiliki Windows, saya akan instal Avira Antivir Free Edition disandingkan dengan PCMAV. Itu dua antivirus pilihan saya soalnya sudah terbukti buat saya jos dan sangat-sangat ringan bahkan untuk ram 512. Ini berdasarkan pengalaman lho, Mas... :D

    ReplyDelete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.