Friday, August 17, 2012

Belajar Komputer Untuk Orang Awam 2

Bismillahirrahmanirrahim.

Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan Belajar Komputer Untuk Orang Awam sebelumnya.

Kaidah Pasti Dekat
Saya pun memakai ini ketika berhadapan dengan software yang cukup asing atau rumit. Bahkan ini pernah saya gunakan saat saya menghadapi tampilan web yang berbahasa asing (mungkin Rusia) yang susah saya baca. Kaidah ini bagaimana?

Apa yang Anda maksudkan sebetulnya berada di dekat yang Anda tuju. Ini berlaku global untuk semua software. Maksudnya, apa yang kita mau lakukan pasti ada dalam software yang kita maksud selama niat kita tidak keluar dari fungsinya. Apa yang ingin kita peroleh dari software, pasti terletak di sekitar tampilannya, bisa dicari dengan beberapa klik. Kalaupun harus bersusah, pasti tidak lama karena bagaimana pun tampilan software tidak akan melampaui monitor Anda.

Misalnya, Anda ingin fungsi pencarian suatu kata di software Microsoft Word. Pasti itu ada di dalam salah satu menu dari sekian (File-Edit-View-Format-dst.) atau ada satu ikon di panel atas. Pasti cuma itu yang mungkin dan kita gunakan kaidah ini untuk menemukannya. Dari keinginan awal 'pencarian', bayangkan nama menu yang paling mendekati fungsinya. Akan ketemu menu Tools. Dari situ, klik dan cari ke bawah. Nah, akhirnya akan ketemu. Dan Anda tidak perlu mencari-cari lebih panjang.

Kaidah ini juga berlaku untuk hardware dengan pemaparan yang serupa.


bersambung...

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.