Monday, August 13, 2012

ExplorerXP Alternatif Windows Explorer



Bismillahirrahmanirrahim. Tadi sudah Cubic Explorer, sekarang giliran ExplorerXP. Ini juga aplikasi pengganti Windows Explorer. Seperti yang kita ketahui, jelajah file di Windows Explorer kadang tidak efektif. Tiap mau lihat isi folder, harus membuka dulu di jendela baru. Atau bisa di jendela tetap, tapi harus melupakan jendela berisi folder yang tadi terbuka. Bisa diatasi dengan tombol navigasi, tapi sangat menyebalkan memakai cara begini. Makanya ada tabbing di ExplorerXP[1].

Ada sebuah aplikasi file manager yang cukup bagus, namanya ExplorerXP. Dikembangkan oleh Nikolay Avrionov. Ukurannya sangat kecil, pada versi 1.07 hanya 400 KB!!! Fitur andalannya adalah tabbed browsing, mirip Firefox. Selain itu ukurannya yang kecil membuatnya lebih cepat bekerja daripada Windows Explorer. Ditambah lagi fitur bookmarks yang dinamakan Groups, semakin memanjakan pengguna yang sering bekerja pada suatu folder. Tampilannya sederhana dan mudah dimengerti. Sayangnya ExplorerXP masih belum bisa menampilkan View selain Details. Selain itu fitur “sort by“ Windows Explorer masih belum ditemukan di ExplorerXP. Fitur search juga belum disertakan. Memang butuh adaptasi untuk memakai software ini, tapi program ini lumayan membantu. Silakan download di http://explorerxp.com.


_____________
[1] Artikel ini berasal dari konten lawas blog Restava.  

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.