Wednesday, August 29, 2012

Mau Flip 3D di Windows XP?


Tulisan ini editan dari esai (ketika SMP) dengan judul sama dari blog lama saya.

Solusi paling mudah dan murah untuk ini adalah WinFlip. Tool kecil ini sangat powerful untuk menyulap Vista jadi-jadian kita jadi punya Flip 3D. Posting ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya, “Suka Kestabilan XP Tapi Pengen Tampilan Vista”. Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang Flip 3D. Flip 3D adalah fitur unggulan Vista. Fitur ini memungkinkan kita untuk pindah jendela secara 3D jika kita membuka banyak jendela. Di Vista kita bisa aktifkan dengan menekan Alt+Tab. Pengguna Vista pun banyak yang kecewa, karena WinFlip bisa berjalan di semua versi Vista kecuali Home Basic. Kebutuhan resource-nya juga besar. Sayang, Vista jadi-jadian kita juga tidak bisa melakukan itu. Nah, bagaimana melakukannya dengan murah dan minim resource?? Mari kita mulai membahasnya!

Dengan freeware sebesar 472 KB ini, Flip 3D akan jalan pada desktop kita. Karena VistaMizer tak bisa menyelesaikan tugasnya maka kitalah yang harus menyelesaikannya sendiri :) Pertama yang kita harus lakukan adalah download dari website-nya di http://winflip.stylekings.de lalu instal di komputer. Klik dua kali pada ikon WinFlip di desktop. Habis itu WinFlip akan aktif di background, dan nongkrong di System Tray. Bukalah jendela sebanyak mungkin (antara lima sampai sepuluh jendela sudah sukup) lalu tekan tombol Win+Tab dan mainkan! Jendela-jendela itu akan di-Flip dengan indahnya. Alhamdulillah bisa menikmati Flip 3D di Vista jadi-jadian ini. Bagaimana? Anda mulai terkesan? Mari kita nikmati dulu screenshot di bawah ini:





Salah satu fitur WinFlip yang saya suka adalah mouse gestures-nya. Default key-nya adalah Win+Tab, tapi bisa kita perintah pakai ini. Cara mengaktifkannya adalah dengan klik kanan pada icon WinFlip pada system tray, pilih Options lalu klik pilihan Mouse. Beri centang pada “Enable mouse trigger” lantas “Use mouse gestures (draw a circle with the mouse) to flip”. Pilih “Clockwise” jika ingin aktifkan WinFlip dengan gerakan searah jarum jam, dan “Counter-clockwise” untuk kebalikannya. Anda juga bisa mengatur sensitivitas gerakan dengan menggeser bar di bawahnya. Habis itu tekan “OK” dan bisa langsung dicoba dengan membuat gerakan melingkar dengan mouse, dan WinFlip akan beraksi! Dengan mouse gestures Anda bisa mengatur gerakan maju mundur “jendela 3D” ini dengan tombol scroll mouse dan klik untuk memilihnya. Klik kanan pada jendela untuk membuatnya transparan.

Anda juga bisa mengatur kualitas teksturnya dengan klik kanan pada ikon di tray dan pilih tingkat kualitas pada submenu “Texture Quality”. Pengaruh texture quality adalah memperjelas detail jendela yang di-Flip. Jika Anda sedang mengetik dan mengaktifkan WinFlip, maka tulisan Anda akan sulit dibaca pada texture quality rendah. Semakin tinggi texture quality maka semakin jelas hasil ketikannya. Anda yang memiliki VGA cukup bagus bisa memberikan nilai antialias untuk menghilangkan jaggies pada tampilan winFlip. Klik kanan pada ikonnya lalu pilih Anti-Aliasing. Yang membuatnya beda dari Flip 3D asli adalah huruf yang menyertai tiap jendela secara berurutan. Saya sungguh takjub ketika pertama mencoba WinFlip ini. Sudah gratis, ukuran kecil banget, kebutuhan memori kecil, dan tampilan superbagus lagi. Alhamdulillah. 

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.