Saturday, August 18, 2012

Belajar Komputer Untuk Orang Awam 3


Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan Belajar Komputer Untuk Orang Awam 2.

Mulai Dari Mana?
Inilah pertanyaan sejuta umat. Semua orang yang mau belajar (apa saja) menanyakan ini. Mulailah dari menyalakan komputer dan mencoba-coba menggunakan aplikasi yang ada. Apa pun aplikasi itu. Biasanya komputer umumnya di Indonesia kalau dinyalakan akan keluar tulisan Windows. Ini artinya komputer tersebut berisikan Windows. Entah versi yang mana (98, XP, Vista, Seven). Dan biasanya juga, di dalam Windows ini ada Microsoft Office entah versi mana juga (2003, 2007, 2012). Microsoft Office ini adalah kumpulan aplikasi untuk mengetik dan membuka dokumen yang di dalamnya ada Word, Excel, dan PowerPoint. Jadi Windows sistemnya dan Microsoft Office aplikasinya. Ya sudah, gunakan saja aplikasi yang ada itu.

Jika Anda tak memiliki bekal apa-apa, gunakanlah aplikasi itu untuk melatih diri. Coba-coba dan harus salah, ya? Ini namanya trial and error. Dengan pernah salah, Anda akan belajar untuk memperbaikinya. Tenang, tidak akan meledak. Kalaupun salah, Anda malah punya kesempatan untuk mencoba memperbaikinya. Inilah lahan belajar kita. Dari sini kita akan memulai interaksi dan kita sedikit-sedikit akan paham cara kerja dia.

Apa hanya Microsoft Office? Tidaklah. Boleh aplikasi lainnya yang ada di situ dan jelajahilah. Coba-coba. Sekalipun aplikasi yang aneh, buka saja. Lihat menu-menunya. Coba satu-satu.

TIP 1: bawalah selalu kamus Inggris-Indonesia saat melakukan ini semua. Saat ada kata berbahasa Inggris, buka kamus dan cari. Ini tip yang sangat ampuh yang berhasil saya terapkan untuk diri sendiri. Dan manfaatnya luas, bisa saya gunakan di sekolah.

TIP 2: kalau punya buku/majalah, baca dan coba panduan yang ada di situ. Saya dulu melakukan ini pada saat pertama dan hasilnya sangat luar biasa. Dalam waktu singkat saya mengenal banyak hal yang seharusnya dipelajari dalam waktu lama. Alhamdulillah.

TIP 3: kalau ada panduan Photoshop, sebaiknya Anda membeli produk aslinya (sekitar 6 jutaan) daripada membeli bajakannya[1]. Kalau tidak, sebaiknya pakailah aplikasi lain saja. Ini nasihat saya kepada Anda.



bersambung...
____________

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.