Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan Belajar Komputer UntukOrang Awam 4.
Menyimpan
ketikan kita
Setelah mengenal posisi tombol-tombol keyboard, kita harus
belajar menyimpan file. Biasanya kita sering menganggap
ketikan kita di layar itu tidak perlu diapa-apakan. Ini anggapan yang
tidak tepat. Kita harus menyimpannya agar ketikan kita itu
benar-benar masuk ke dalam (hard disk) komputer. Jika tidak
maka semua ketikan kita pasti hilang selama-lamanya.
Apa itu menyimpan? Bahasa Inggrisnya Save. Ini adalah kegiatan
memasukkan ketikan kita ke dalam (hard disk) komputer. Kita mengetik
sesuatu di Microsoft Word. Kita harus menyimpannya agar ketikan itu
benar-benar ada di dalam komputer. Kita harus membiasakan diri
untuk selalu menyimpan setiap mengetik. Kapan? Usahakan secepat
mungkin misalnya setelah ketikan satu paragraf simpan. Lalu simpan
lagi. Lalu simpan lagi.
Menyimpan itu ada dua macam: 1) menyimpan untuk pertama kali. Ini
harus diberi nama file. 2) menyimpan setelah diberi nama.
Keduanya harus dilakukan. Setiap kali Anda mengetik satu huruf,
semestinya Anda harus menyimpannya. Namun ya sebaiknya tidak begitu.
Bisa setelah satu paragraf, disimpan, satu paragraf, disimpan. Ya
akhirnya kita akan sering menyimpan. Tapi itu lebih baik daripada
data kita hilang. Kita akan segera terbiasa.
Apa yang mesti dilakukan? Perhatikan aplikasi-aplikasi berikut.
Microsoft Word: menyimpan dilakukan dengan tombol Ctrl+S.
Beri nama file Anda, lalu tekan Save.
Microsoft Excel: Ctrl+S.
Microsoft Powerpoint: Ctrl+S.
Notepad: Ctrl+S.
Wordpad: Ctrl+S.
Perhatikan, bukankah mereka berbeda? Namun cara menyimpannya tetap
sama: Ctrl+S. Beri nama, lalu klik Save. Begitu pula untuk
semua program lain. Setiap selesai ketikan kita, simpanlah. Lakukan
penyimpanan sebelum adanya keadaan yang tidak diinginkan. Misalnya
listrik mati. Tujuannya menyelamatkan data kita.
bersambung...
No comments:
Post a Comment
Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.