Friday, August 31, 2012

Belajar Komputer Untuk Orang Awam 5


Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan Belajar Komputer UntukOrang Awam 4.

Menyimpan ketikan kita
Setelah mengenal posisi tombol-tombol keyboard, kita harus belajar menyimpan file. Biasanya kita sering menganggap ketikan kita di layar itu tidak perlu diapa-apakan. Ini anggapan yang tidak tepat. Kita harus menyimpannya agar ketikan kita itu benar-benar masuk ke dalam (hard disk) komputer. Jika tidak maka semua ketikan kita pasti hilang selama-lamanya.

Apa itu menyimpan? Bahasa Inggrisnya Save. Ini adalah kegiatan memasukkan ketikan kita ke dalam (hard disk) komputer. Kita mengetik sesuatu di Microsoft Word. Kita harus menyimpannya agar ketikan itu benar-benar ada di dalam komputer. Kita harus membiasakan diri untuk selalu menyimpan setiap mengetik. Kapan? Usahakan secepat mungkin misalnya setelah ketikan satu paragraf simpan. Lalu simpan lagi. Lalu simpan lagi.

Menyimpan itu ada dua macam: 1) menyimpan untuk pertama kali. Ini harus diberi nama file. 2) menyimpan setelah diberi nama. Keduanya harus dilakukan. Setiap kali Anda mengetik satu huruf, semestinya Anda harus menyimpannya. Namun ya sebaiknya tidak begitu. Bisa setelah satu paragraf, disimpan, satu paragraf, disimpan. Ya akhirnya kita akan sering menyimpan. Tapi itu lebih baik daripada data kita hilang. Kita akan segera terbiasa.

Apa yang mesti dilakukan? Perhatikan aplikasi-aplikasi berikut.

Microsoft Word: menyimpan dilakukan dengan tombol Ctrl+S. Beri nama file Anda, lalu tekan Save.

Microsoft Excel: Ctrl+S.

Microsoft Powerpoint: Ctrl+S.

Notepad: Ctrl+S.

Wordpad: Ctrl+S.

Perhatikan, bukankah mereka berbeda? Namun cara menyimpannya tetap sama: Ctrl+S. Beri nama, lalu klik Save. Begitu pula untuk semua program lain. Setiap selesai ketikan kita, simpanlah. Lakukan penyimpanan sebelum adanya keadaan yang tidak diinginkan. Misalnya listrik mati. Tujuannya menyelamatkan data kita.


bersambung...

No comments:

Post a Comment

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.