Friday, August 31, 2012

Killer Machine


Tulisan ini editan dari esai tahun 2009 dari blog lama saya.

Virus kadang men-disable Task Manager, Recycle Bin, Folder Options, dan konfigurasi Windows Lainnya. Kita jadi tak bisa membuka Task Manager. Bagaimana cara membuka paksa konfigurasi tersebut? Bagaimana mematikan process-nya virus? Gampang, gunakanlah Killer Machine. Ini adalah sebuah software mini berisikan Process Manager, Tweaker, OEM Editor, dan Virus Removal. Killer Machine telah saya manfaatkan di saat darurat. Mari kita kenali software mini ini dari awal. 

Unduh Killer Machine
Di sini (server Mediafire).

Tampilan Awal
Tampilannya sangat unik. Terlihat sekali ia tampil berbeda daripada aplikasi kita biasanya. Kita akan melihat progress bar-nya menunjukkan kondisi scanning.












Bagian Repair (Tweak)
Saya rasa inilah fitur paling berguna dari Killer Machine. Kita dapat mengaktifkan segala macam fungsi Windows yang dibunuh oleh program jahat. Misalnya Regedit. Ketika Anda membuka Run lalu mengetik regedit dan tidak bisa maka gunakanlah dia. Kemudian matikan dan jalankan lagi Killer Machine lalu Regedit akan muncul. Ada juga fungsi untuk mengganti bootsplash Windows ketika startup.


Bagian Process Manager
Nah ini gantinya Task Manager ketika dia nonaktif. Kita bisa memakainya untuk membunuh process virus. Namun tentu Anda harus tahu pasti apa process virusnya kalau tidak bisa-bisa PC Anda akan bermasalah atau bahkan langsung restart. Kalau sudah mati, mudah. Tinggal delete saja file induk virusnya. Namun Killer Macine tidak bisa berbuat banyak untuk Rootkit (software untuk menyembunyikan process). Ya, Killer Machine hanya sebatas pembunuh process saja, bukanlah antivirus. Antivirusnya tetap pengetahuan Anda mengenai virus.


Bagian Virus Removal
Gunanya mirip dengan Proces Manager. Membunuh langsung process alias delete mereka permanen. Wah, lebih kejam memang tapi sangat ampuh jika Anda tahu pasti apa yang di-delete. Hati-hati dengan ini. Jangan lakukan jika Anda tak yakin.



Bagian OEM Editor
Inilah bagian paling unik dari Killer Machine. Bagi orang yang baru pertama coba pasti akan merasa takjub. Persis kayak ekspresi saya saat baru dikasih tahu Sigit masalah ini. Duh lucu juga bisa ganti konfigurasi System Properties dengan satu software saja. Kita bisa mengganti logo dan rgistered usernya. Silakan coba sendiri.

Komentar Saya
Aplikasi kecil ini (400 KB) sangatlah berguna. Terima kasih untuk pembuatnya. Saya hari ini periksa akun Box saya (setelah 3 tahun tidak dimasuki), ternyata yang pengunduh Killer Machine dari blog Restava mencapai 3608. Saya kaget. Masya Allah, semoga itu semua bermanfaat. Jelas Killer Machine bisa dimanfaatkan sebagai ganti Task Manager. Meskipun kecil, namun setidaknya Anda bisa mempelajari sedikit-lah tentang pengakses registry. Tentang bagaimana suatu process berjalan, tentang OEM, dan beberapa masalah kecil lainnya. Jika Anda ingin membantu teman yang sedang susah karena virus, cobalah Killer Machine. Oke, silakan mencoba!


Catatan: tulisan ini bagian dari proyek restava reborn.

8 comments:

  1. mas kalau boleh saya tanya penggunaan Killer Machine ini bagaimana cara kerjanya mas
    terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggunaannya sangat gampang. Jalankan, lalu pilih salah satu dari 4 fungsinya misalnya Task Manager. Pilih satu proses yang ingin Anda bunuh, lalu klik Kill. Sudah.

      Terima kasih banyak telah berkomentar, Mas.

      Delete
    2. owh iya mas terimakasih mas
      izin sedot.

      Delete
    3. Terima kasih kembali, Mas. Silakan.

      Delete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.