Wednesday, August 29, 2012

Suka Kestabilan XP, Tapi Pengen Tampilan Vista?



Tulisan ini editan dari esai (ketika SMP) dari blog lama saya.


Jawabannya adalah menggunakan VistaMizer[1]. Saya suka Windows XP[2] tapi ingin tampilan indah Vista. Saya setelah beli komputer kemarin langsung instal Vistamizer tanpa backup dulu (jangan ditiru ya?). Hasilnya, alhamdulillah persis Vista. Rasa Aeronya mantap. Kesan bulat mengkilapnya juga. Sebenernya saya tahu Vistamizer dari teman saya, Anto Boga. Windows XP dia yang dulunya kerap saya pinjam buat bikin posting jadi “rasa” Vista. Saya terkejut, ternyata Vistamizer. Setelah instal, semuanya berubah. Wajah Start Menu juga persis Vista yang diulas di majalah. Boot screen persis Vista. Apa lagi, ya? Oh iya! Font default destop juga diganti jadi Segoe UI, kemudian desktop wallpaper jadi Vista, dan screensaver-nya jadi Aurora. Kurang apa lagi? Ikon folder di Windows Explorer diubah total. Terus yang saya paling suka adalah tampilan preview mini windows saat mouse di atas jendela yang di-minimize. Bagus sekali! Watermark untuk folder juga berubah total. Pokoknya hampir 100% persis Vista, deh! Ini screenshot-nya:

Ini dekstop kerjaan Vistamizer

Startmenu Vistamizer Icon VistaMizer installer

Ikon instalernya


Windows Media Playernya juga bagus

Sayangnya ada beberapa bug pada Vistamizer. Yah, sebagus-bagusnya program pasti ada juga salahnya. Contohnya adalah ikon user pada Start Menu yang hanya jadi pajangan. Tidak bisa di-klik dan diganti secara otomatis. Jadi kita harus masuk Control Panel dulu buat ganti ikon atau atur akun. Lumayan menyulitkan, dan masih ada lagi. Waktu kita masuk Windows Explorer, klak-klik sana-sini untuk cari file, tak terasa addres bar akan terisi penuh path. Masalahnya, addres bar nya tidak bisa di-klik untuk buka combo box, tak seperti di XP. Dan tidak terlalu jauh, di sebelahnya ada search bar. Di Vista, jika kita klik, bisa mencari. Tapi, di Vista jadi-jadian ini kalau kita klik akan terbuka jendela Search Companion yang gambarnya anjing. Sayang, ya? Addres dan search bar-nya jadi pajangan saja. Vistamizer ini juga agak kurang stabil, lho! Kadang-kadang Windows Explorer akan menampilkan pesan error “Windows has encountered an error blablabla.....” yang lumayan mengganggu. Lantas fitur unggulan Vista Aero Glass, dan Flip 3D juga belum bisa dilakukan oleh Vistamizer. Vista Ultimate bisa memakai video sebagai wallpaper, dan Vista jadi-jadian kita ini juga belum bisa.

Untuk Flip 3D di Vista jadi-jadian kita ini akan saya bahas nanti, insya Allah. Bagi sebagian orang yang sudah bosan dengan tampilan XP, mungkin VistaMizer bisa jadi obat. Tampilannya memang mirip sekali dengan Vista, dan yang penting tidak ada User Account Control. Secara keseluruhan, ini lebih indah dari XP biasa, tapi masih ada bugs. Bagi yang berminat instal, silakan download dari http://www.syssel.net/hoefs/software_vistamizer.php?lang=en. Ukuran file-nya kurang lebih 20 MB[3]. Dan jangan lupa sebelum Anda instal sebaiknya backup data dulu. Oke, selamat ber-Vista ria!

____________
[1] Baru hari ini saya menghidupkan kembali tulisan-tulisan lama saya era SMP ketika menjadi Restava. Subhanallah. Ternyata buruk sekali tata bahasa saya, dan memalukan sekali ternyata saya pernah mengekor pada budaya 'sama2' atau 'sekali2'. Buruknya lagi gaya bahasa saya sangatlah kasar lantas diperparah kesan ingin cepat selesai (remaja...) kental sekali. Tambah buruk dengan ketidakmampuan untuk memperkecil jumlah kata dengan kepadatan isi. Benarlah kian tahun kian terasa tulisan kita di masa lalu itu kekanak-kenakan sekali. Beberapa tahun menambah pengetahuan tata bahasa saya, alhamdulillah. Dan mesti saya perbaiki terus sampai mati. Semoga jadi pelajaran bagi saya dan menambah beban agar saya jadi manusia yang rendah hati (wong biyene ya akeh salahe...).

[2] Sampai 2012 ini pun saya masih suka dengan Windows XP. Ringan, kompatibel banyak aplikasi, dan fleksibel ke mana-mana.

[3] Footnote ini tambahan dari saya sedangkan tulisan asli tidak ada footnote-nya. Ukuran file saya cocokkan dengan halaman tersebut per 29 Agustus 2012.

2 comments:

  1. Memang bukan, Mas. Ini artikel dalam proyek Restava Reborn :)

    Terima kasih banyak telah mampir.

    ReplyDelete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.