Saturday, August 18, 2012

Kiat Membasmi Virus Tanpa Antivirus 2


Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan Kiat Membasmi Virus Tanpa Antivirus sebelumnya.

Kalau pada posting sebelum ini kita mengenal beberapa tool untuk membereskan virus[1], maka pada posting ini saya akan jelaskan sedikit cara menggunakannya. Posting ini juga akan menjelaskan secara global bagaimana menghapus virus tanpa banyak bicara. Semua akan ditulis secara ringkas.

Mulai dari mana?
Mesti Anda tanyakan dulu hal ini. Jawabannya adalah pengetahuan. Pengetahuan apa? Ya pengetahuan mengenai 2 hal: Windows dan virus. Minimal harus tahu proses yang asli milik Windows mana yang milik selain Windows mana. Harus bisa bedakan dulu hal ini. Kalau sudah bisa, maka beranjak mengenal virus. Minimal tahu cara kerja mayoritas virus bagaimana. Itu saja dulu. Kalau mau naik ke level selanjutnya (ahli), maka Anda harus belajar lebih dari ini.

Kalau sudah tahu mulainya?
Ya tetap mendalami dua hal tadi: windows dan virus. Minimal banget tahu yang tadi. Di sini akan saya jelaskan sedikit yang saya pahami.

Proses asli milik Windows: proses itu apa, sih? Buka Task Manager Anda[2l], dan lihat pada Tab Process. Semua yang ada di situ adalah proses. Proses itu program, yang mereka berjalan terus menerus meskipun Anda tidak sedang menjalankan apa-apa (kondisi ini disebut idle). Dan setiap proses adalah aplikasi, dan setiap aplikasi ada tujuan hidup. Proses itu ada yang milik Windows, ada yang milik bukan Windows.

Proses milik Windows, contohnya explorer.exe. Coba matikan proses ini. Pasti semua destop Anda hilang lalu Anda tidak bisa klik kanan dan yang tersisa hanya wallpaper Anda. Cara mengembalikannya adalah dengan buka task manager lalu Add Task lalu ketik explorer.exe lalu enter. Dari sini bisa dipahami, bukan? Bahwa satu proses memegang satu peranan dalam komputer Anda. Dalam contoh ini explorer.exe berperan menyediakan menu, taskbar, penampakan shortcut di destop, penampakan semua jendela, dan mengatur klik kanan. Kalau ia mati, maka semua penampakan itu tiada dan Anda tidak bisa apa-apa. Masih banyak proses milik Windows lainnya semisal svchost.exe (coba matikan pasti komputer Anda restart), crss.exe, dwm.exe, dan lain-lain.

Proses bukan milik Windows, misalnya avgnt.exe jika Anda menjalankan Avira Antivir. Atau pcmav.exe jika sedang menjalankan PCMAV. Atau winamp.exe jika sedang menjalankan Winamp. Mudahnya begini. Apa pun aplikasi yang Anda buka, pasti ia memiliki proses. Proses ini berjalan, dan berjalannya di dalam memori RAM. Setiap proses memiliki ukuran KB yang jadi kavlingan dia di dalam memori[3]. Ini sebuah kepastian yang mutlak untuk semua proses. Dan proses miliknya bukan Windows pastilah proses yang jika tidak ada dia tidak memengaruhi Windows. Bisa diartikan, proses bukan Windows pasti berasal dari luar Windows. Atau, proses bukan Windows adalah proses yang tidak ada ketika Windows pertama kali diinstal. Mudah, bukan?

Pahami dulu dua hal ini. Mudah, kok. Anda dapat mencobanya di seluruh PC di dunia ini. Bukalah Task Manager dan perhatikan proses apa saja yang berjalan. Belajarlah mengenali mana yang milik Windows mana yang milik bukan Windows.

Habis itu apa?
Kalau sudah mengetahui hal-hal mendasar ini, bisa dilanjutkan ke mengetahui hal mendasar berikutnya. Itulah mengenal virus secara global. Saya akan tuliskan yang saya pahami.

Virus itu aplikasi. Ia juga software. Ia juga diciptakan oleh programer. Virus itu sama seperti Winamp Anda. Sama seperti Microsoft Office Anda. Sama seperti Photoshop Anda. Bahkan sama seperti game Solitaire Anda. Sama seperti semua aplikasi yang pernah Anda coba.  Bedanya apa? 

Virus bisa berjalan tanpa Anda mengklik dua kali. Sedangkan aplikasi Anda, harus diklik 2 kali dulu sebelum di terbuka. Bagaimana bisa begitu? Akan datang insya Allah pembahasannya. Sekarang pahami dulu hal ini. Intinya, kalau Anda mau membasmi virus, lakukan pembunuhan kepadanya sebagaimana Anda mematikan aplikasi Anda yang lain. Yang bisa dikerjakan kepada aplikasi biasa harusnya bisa juga dilakukan kepada virus. Pahamilah ini dulu.

bersambung... 

___________
[1] Istilah virus yang saya pakai di tulisan ini kadang virus pada arti sesungguhnya dan kadang menggantikan istilah malware secara umum. Ini karena biasanya orang awam menganggap trojan horse, worm, sasser, botnet, hijacker, dan sebangsanya sebagai virus saja padahal mereka berbeda darinya. 
[2] Tekan Ctrl Alt Del. Tekan bersamaan. 
[3] Maka itu semakin banyak proses/aplikasi yang berjalan makin lambat komputer Anda.

7 comments:

  1. oyi..suwun sdh mampir k blog absurd itu *jadi malu saya.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suwun balik, Kang. Lho, orang Jawa Timur, toh? Ndak absurd, kok :)

      Delete
  2. wah mantab nih saya tunggu sambungan-sambunga berikutnya mas...salam kena; :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, silakan, Om. Saat ini sudah 8 seri tulisan. Terima kasih banyak atas perhatian om :)

    ReplyDelete
  4. seppppp.....LANJUTKAN...

    nitip Link mas.....
    www.segiboy007.blogdetik.com

    ReplyDelete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.