Wednesday, August 29, 2012

Proyek Restava Reborn


Bismillahirrahmanirrahim. Ingin saya umumkan bahwa tulisan-tulisan lama Restava akan dibangkitkan lagi di sini di samping tulisan saya yang sekarang. Ini untuk mendukung tujuan finansial blog ini. Alasan memakai tulisan lama hanyalah keberhasilan jumlah visitor besar (> 100.000) dahulu dengan tulisan-tulisan itu. Saya ingin mengulang keberhasilan itu intinya.

Pertama, saya lagi pengen memakai Bahasa Inggris sebagai judul proyek ini. Kedua, saya namai reborn maksudnya selain diterbitkan lagi, semua tulisan saya sunting agar sesuai tata bahasa saya yang sekarang. Saya juga meringkaspadatkan isinya agar ringan dibaca. Ketiga, saya ingin memainkan istilah (meninggalkan konsistensi) agar tulisan gampang dipahami pembaca. Hal ini saya lakukan dengan membiarkan istilah Inggris tanpa diterjemahkan, tapi akan saya miringkan. Ini bukan kebiasaan saya tetapi ini usaha agar tulisan saya sedekat mungkin dengan pembaca. Ya dengan memakai istilah di keseharian hidup pembaca. Tentu akan ada istilahyang saya Indonesiakan lalu saya pakai bersamaan. Dicampur. Inilah maksudnya memainkan istilah.

Restava adalah saya sendiri. Jadi tidak ada masalah hak cipta di sini. Saya berharap dapat terus membenci copy-paste tulisan orang lain. Dan saya berharap pembaca pun demikian.

Proyek ini insya Allah bejalan dengan improvisasi. Saya ingin tulisan-tulisan reborn ini memiliki referensi yang bagus, enak dilihat. Makanya saya usahakan ada footnote seperti ini[1] pada tulisan yang memerlukannya. Ini akan meningkatkan nilai ilmiahnya.

Proyek ini akan berakhir saat semua tulisan Restava habis. Tentunya diseleksi mana yang patut diterbitkan dan tidak. Tidak akan saya terbitkan tulisan Restava yang mengandung nasionalisme[2], musik[3], dan gambar bernyawa[4]. Alhamdulillah ternyata ketiganya haram.

Sekian pengumuman saya. Saya berharap selalu dapat menulis dengan ringkas nan padat. Seperti kata seorang ulama[5]. Semoga Allah memudahkan saya mengerjakannya.



______________
[1] Ini footnote.

1 comment:

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.