Wednesday, August 29, 2012

Semakin Mirip Vista



Tulisan ini editan dari esai tahun 2008 dari blog lama saya.


Setelah Vistamizer dan WinFlip, masih ada satu software lagi yang akan menyempurnakan dekstop Vista jadi-jadian kita. Meskipun tidak sama artinya dengan betulan membeli Vista, setidaknya kita masih memiliki “cinta sejati” kita, XP yang stabil. Alasan saya tidak beralih ke Vista karena mahal dan banyaknya problem internal Vista, juga lebih baik memakai XP atau mencoba Ubuntu :)

Software itu bernama Thoosje Sidebar. Tool ini memberikan sebuah sidebar di desktop kita, yang memiliki tampilan 100% persis punya Vista. Sidebar ini akan memberi kita gadget berupa jam, CPU meter, mem meter, sticky notes, RSS reader, dan lain-lain. Pokoknya persis punya Vista! Ini screenshot-nya:

Tool ini ketika dijalankan tidak secara default ada di folder start up, jadi kalau di-boot ulang dia tidak akan muncul dengan sendirinya. Cara aturnya di Preferences, pilih Tab appearance, dan centang pada “Run Automatically When Windows Start”.

Fitur Thoosje antara lain gadget media player, RSS Reader, jam, sticky notes, torrent search, recycle bin, meteran HD, Google search, dan lainnya. Kalau ingin memakainya di sidebar, kita tinggal drag & drop ikonnya ke situ. Tapi ingat, kita tidak bisa memakai semua sekaligus karena keterbatasan tempat di sidebar :) Kita juga bisa atur tampilan sidebar-nya melalui klik kanan ikon Thoosje di tray, dan pilih Preferences. Lalu klik di tab Appearances. Kita bisa atur Opacity, Shadow dan beberapa opsi lain.

Kita bisa juga mengganti tampilannya lewat tombol di atas itu. Kita bisa kita klik next/previous skin untuk ganti skin. Sebenarnya opsi ini bisa didapat dari Menu yang muncul dari tombol “+” di atas. Tapi untuk lebih praktisnya kita klik di situ aja. Gadget yang paling umum dipakai adalah jam. Kita diberi opsi lebih untuk ganti skin jamnya. Tekan tombol “+” di atas, lalu pilih “Clock”. Kita bisa pilih-pilih skin jam sesuai selera.







Yang Saya Suka Darinya
Saya mau jujur, saya suka transparansi Menu-nya. Saya suka karena Thoosje benar-benar mirip dengan punya Vista. Banyaknya skin yang ada membuat saya mengaktifkan opsi startup karena saya suka tampilannya :D Ada banyak gadget yang bisa dipakai, dan tentunya tidak terlalu rakus resource. Dan tentunya orang seperti saya juga suka harganya yang gratis. Saya paling suka gadget meteran CPU dan harddisk. Yang lain juga bagus dan fungsional, tapi semua tergantung selera kok!

Yang Saya Tidak Suka
Ada gadget yang membutuhkan koneksi i-net langsung seperti Google dan Torrent Search, sementara saya tidak punya itu. Juga fasilitas update-nya yang membutuhkan i-net. Agak susah soalnya koneksi saya dari warnet saja.

Kebutuhan Minimal
Thoosje Sidebar membutuhkan minimal RAM 256 MB, CPU 500 MHZ, OS Windows XP SP2, Windows Mdia Player 9 keatas, dan vicard 64 MB. Kita bisa lihat infonya di Menu > Info. Kita juga dikasih lihat spesifikasi sistem PC kita di sana.

Pembuat dan Griya Download
Nama pembuat software ini adalah Thoosje, sama dengan nama softwarenya. Kita bisa dapatkan software ini di http://www.deviantart.com/download/123227039/Thoosje_Sidebar_3_1_by_Thoosje.zip atau di bonus CD PC Media edisi 12/2007 (telat, ya?) dengan ukuran file 5,2 MB.

Penutup
Bagi Anda yang suka Vista (tampilannya saja) tapi masih cinta XP, mungkin software ini juga obat kangen yang cocok untuk hadirkan sidebar di desktop XP. Saya masih pakai software ini sampai sekarang, dan mungkin Anda juga berminat sekarang :D Oke, silakan ber sidebar-ria.

1 comment:

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.