Sunday, August 19, 2012

Solusi Untuk Microsoft Office

Bismillahirrahmanirrahim.



Google Docs, Microsoft 365, dan yang semisalnya adalah solusi bagi kita pengguna Linux yang memilih untuk meninggalkan Microsoft Office bajakan dan beralih ke LibreOffice. Singkatnya, kini kita bisa membuka dan mengedit format Microsoft Office dengan nyaman menggunakan Google Docs atau Microsoft 365 atau yang semisal mereka (asalkan ada internet).

Kunjungi Google Docs di http://docs.google.com. Untuk Microsoft 365, kunjungi: http://www.microsoft.com/en-us/office365.

Mengenai apa itu Google Docs dan Microsoft 365, Anda lebih baik mencari sendiri karena saya tak paham betul definisinya. Yang saya tahu pasti, mereka adalah Microsoft Office yang ada di web. Ini akan sangat memudahkan kita.

Kabar Baik
Kita bisa membuka dan mengedit format Microsoft Office dengan sempurna seperti halnya membukanya di Microsoft Office meskipun kita tidak punya Microsoft Office. Beda dengan LibreOffice.

Intinya, kita bisa:

1. Membuka dokumen doc/docx/ppt/pptx/xls/xlsx dengan sempurna seperti membuka dengan Microsoft Office (atau minimal lebih sempurna daripada LibreOffice)
2. Mengedit dokumen tersebut
3. Menyimpan dokumen tersebut baik di akun Anda maupun di komputer (Google kasih Anda 5 GB gratis)
4. Mengatur keamanan dokumen Anda baik hanya untuk Anda, teman Anda boleh, teman terbatas, dan sebagainya
5. Membagikan dokumen itu ke seluruh dunia maya dengan tautan yang bisa Anda atur
6. Mengedit dokumen secara online dengan antarmuka menu=menu yang persis seperti Microsoft Office
7. Mengakses dokumen tersebut di mana saja (selama ada internet) meskipun di komputer tidak ada Microsoft Office.

Alhamdulillah, saya telah membuktikan ini kepada ayahanda saya yang beliau hanya punya OpenOffice di komputer beliau sedangkan beliau harus kerja dengan doc/docx. Beliau senang sekali setelah saya perlihatkan dan demokan, karena ketika itu pas ada modem. Dokumen-dokumen beliau yang kacau saat dibuka di OpenOffice, saat dibuka di Google Docs, tampil sempurna seperti aslinya. Saya tambahkan beberapa penjelasan singkat seperti bisa menyimpan banyak dokumen, bisa disimpan dengan aman, dan lain-lain. Beliau senang sekali dan kesenangan beliau adalah kesenangan saya juga. Maka dari itu, jika ini bermanfaat juga bagi teman-teman, saya juga senang.

Gambar Google Docs


Menu-menunya apa beda?


Untuk saudara-saudaraku yang memilih untuk menggunakan LibreOffice daripada Microsoft Office bajakan, saya ucap selamat dahulu. Lalu saya katakan tak perlu bersedih atas keterbatasan LibreOffice yang kita punya. Kita masih punya Google Docs dan Microsoft 365. Lagipula kita juga punya Kingsoft Office. Semoga ini bermanfaat.


Tulisan ini asli karya saya yang pernah dimuat di Forum Ubuntu Indonesia pada trid Solusi Untuk Microsoft Office.

7 comments:

  1. tidak ada kata menyerah untuk GO OPEN SOURCE ya gan :)

    ReplyDelete
  2. Iya, Mas. Saya sendiri sangat senang dengan open source. Cuma, di sini, saya pengen meraup rezeki yang halal dengan mengulas Windows.

    Terima kasih banyak, Mas.

    ReplyDelete
  3. pasti bermanfaat sekali nih,, kalau saya dari dulu belum pernah memakai ubuntu mas jadi saya ijin nyimak aja dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Tidak mengapa juga tidak memakai Ubuntu. Silakan menyimak, tentu saya izinkan :)

      Terima kasih telah hadir di sini, Om...

      Delete
  4. Terimakasih mas buat komentarnya di halaman saya Rangkuman 8 Langkah Teknik Seo Paling Manjur,100% Bekerja! baca juga TOP RANKING DI HALAMAN 1 GOOGLE

    by http://www.sorana-id.com dan http://www.diskusindo.com

    ReplyDelete
  5. sumpah...baru tahu ^_^

    terima kasih banyak ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun senang sekali pas pertama tahu Google Docs ini :) Terima kasih kembali, Kang!

      Delete

Blog saya dofollow. Silakan berkomentar dengan akhlak yang mulia. Usahakan berkomentar dengan bahasa yang cantik jangan yang singkatan.